Pasang Iklan Disini

Sabtu, 04 Februari 2012

Harga Beras Akan Turun Pada Akhir Bulan Februari 2012

beras dipasarPedagang sembako di Pasar Gotong Royong mengatakan, sejak awal hingga akhir Januari lalu harga beras stabil tinggi.


Selama itu, harga beras di angka Rp 8000 per kilogram. Lalu di awal bulan ini naik sedikit menjadi Rp 8.200/kg.


"Harga itu merupakan beras standar IR 64 kualitas tiga, sedangkan kualitas dua sekitar Rp 8.500/kg dan kualitas satu Rp 8.600/kg. Untuk yang Rp 8.600/kg berasal dari daerah Bandongan Magelang, sedangkan Rp 8.500/kg berasal dari Delanggu," ujarnya di kiosnya, Kamis (2/2).

Untuk beras yang lebih mahal lagi adalah mentik wangi yang harganya Rp 8.700-Rp 8.800/kg. Angka ini termasuk paling mahal dengan kualitas terbaik. Namun, sudah beberapa minggu ini stok mentik wangi kosong karena tidak ada suplai. "Jadi, kalau daerah lain harga beras hingga Rp 9000/kg, di Magelang belum sampai.

 Selain karena stok masih cukup, juga karena beras lokal dari Bandongan sedikit demi sedikit mulai panen sehingga menambah stok," paparnya.

Meski harga mahal, kata Udin seorang pedagang beras,daya beli masyarakat masih normal. Dalam sehari, ia menjual 1-2 kwintal atau 1-2 ton per minggu. "Terjaganya harga ini juga karena distribusi Raskin yang lancar, sehingga dapat membantu masyarakat tidak mampu untuk membeli beras," katanya.

Hal senada disampaikan Nadziro (53), pedagang lain di pasar yang sama bahwa harga beras sedang mahal-mahalnya. Beras jenis IR 64 Rp 8.500-Rp 8.600/kg dan untuk jenis mentik wangi sudah mencapai Rp 9000/kg.

Harga beras akan mulai bergerak turun ketika memasuki akhir Februari 2012. Hal ini dikarenakan adanya panen raya di awal Maret 2012.


"Terkait dengan cuaca buruk termasuk banjir, Suswono memastikan hingga saat ini stok produksi beras dan lahan persawahan masih aman.

Ditempat yang sama Menko Perekonomian Hatta Rajasa menyampaikan bulan Januari 2012 ini memang merupakan puncak paceklik. Serta siklus tahunan yang terjadi setiap awal tahun.

"Itu memang puncak paceklik. Namun untuk mengatur harga beras, kita cukup terus melakukan intervensi kalau ada kenaikan. Salah satunya melalui Bulog (operasi pasar)," katanya.

Seperti diketahui harga beras medium yang umumnya dikonsumsi masyarakat kebanyakan sudah tembus hingga Rp 10.000 per Kg

Ditulis Oleh : Unknown // 11.19
Kategori:

0 comments:

 

Harga Sembako