Pasang Iklan Disini

Sabtu, 28 Januari 2012

Harga Bawang Lokal Harganya Anjlok Pada Januari 2012


Bawang merah dari negara tetangga masih tetap saja masuk kenegara kita .Itu yang membuat petani bawang indonesia merasa di rugikan karena turunya harga bawang merah lokal.yang biaasanya harga bawang merah lokal Rp.5500/kg kini menjadi Rp.4000/kg.


Pengelola Koperasi Nusantara Jaya, Mudatsir mengatakan bawang merah impor dari India yang masuk ke Brebes adalah dari Jakarta. “Bawang merah India masuk dengan harga Rp 3.500/kg,” tambahnya kepada Sinar Tani.

Menteri Pertanian Suswono saat bertemu dengan para petani bawang merah di Brebes, Jawa Tengah mengatakan semestinya bawang merah dari India tidak akan bisa masuk ke Brebes, karena aturannya bawang merah untuk konsumsi hanya boleh diimpor bila tidak dengan daunnya. Dengan mekanisme itu, maka bawang merah yang dibawa dari India akan cepat busuk. “Kita khawatirkan bawang merah impor beserta daunnya menjadi pembawa penyakit,” jelas Suswono.

Kemungkinan bawang merah itu bisa masuk ke Brebes karena diselundupkan atau permainan pedagang agar bisa memperoleh bawang merah di Brebes dengan harga yang murah. “Saya duga kemungkinan besar bawang merah impor yang masuk ke Brebes adalah penyelundupan atau permainan,” kata Hari Purnama (Ipung) Ketua Gapoktan Bayan Urip Sejati Bulusari, Bulakamba, Brebes.

Ditulis Oleh : Unknown // 13.24
Kategori:

0 comments:

 

Harga Sembako